Object Dalam Bahasa Pemrograman Java

Object dalam pemrograman java adalah kunci dalam pemrograman yang berorientasi object atau object-oriented programming. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita temui contoh object. Salah satunya adalah sepeda.

Pada sepeda terdapat dua karakteristik, yaitu kondisi (state) dan perbuatan (behavior). Contoh state pada sepeda adalah “pedal”, “gir”, “kecepatan” dan contoh behavior adalah “pindah gir”, “genjot pedal”, dan “menambah kecepatan”.

concepts-object

Software object secara konsep hampir sama dengan object dalam dunia nyata (sepeda) dimana software object itu juga mempunyai state dan behavior. Dalam object menyimpan state di dalam fields, di dalam bahasa pemrograman lain biasa disebut variabel. Sedangkan behavior  melalui methods atau dalam bahasa pemrograman lain biasa disebut function.

concepts-bicycleObject

Dengan menghubungkan state (“pedal”, “gir”, “kecepatan”) dan menyediakan method untuk mengubah state. Object memiliki kemampuan untuk mengontrol bagaimana program di luar object dapat menggunakannya. Sebagai contoh apabila sepeda hanya memiliki 6 gir dan 1 buah method  untuk mengubah posisi gir dapat menolak instruksi apabila posisi gir yang diinginkan kurang dari 1 atau lebih dari 6.

Dengan mengemas kode program menjadi object, maka dapat diperoleh beberapa keuntungan diantarnya :

  1. Modular : source code untuk sebuah object dapat ditulis dan dimaintenance secara indepen dari source code untuk object lainnya. Sekali dibuat, sebuah object dapat dengan mudah diakses di dalam sistem.
  2. Informasi tersembunyi : Dengan interaksi hanya dengan method dari object, detail dari implementasi internal dapat tersembunyi dari dunia luar.
  3. Code re-use : Jika object sudah ada (mungkin ditulis oleh developer software lainnya), kita dapat menggunakan object tersebut di program kita. Hal ini memungkinkan spesialis untuk mengimplementasi / mengetes / debug complex, object dengan tugas tertentu, kemudian kita bisa yakin untuk menjalankannya di kode program kita.
  4. Pluggability and debugging dengan mudah : Jika objek tertentu ternyata bermasalah,Kita  dapat dengan mudah menghapusnya dari aplikasi kita dan memasang objek yang berbeda sebagai penggantinya. Hal ini dapat dianalogikan dengan memperbaiki masalah mekanis di dunia nyata. Jika baut rusak, kita cukup menggantinya, tidak seluruh mesin.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.