form login

Membuat sistem login menggunakan codeigniter ion auth

Pada aplikasi simple gis yang kita buat, pengguna dapat mengakses halaman admin dan melakukan penginputan data jalan, jembatan dan juga koordinat pada jalan dan jembatan. Oleh karena itu kita akan membuat sistem supaya hanya admin yang mempunyai email terdaftar saja yang bisa mengakses halaman admin dan melakukan sistem administrasi jalan, jembatan dan koordinat. Untuk mempermudah kita menggunakan codeigniter-ion-auth untuk membuat sistem registrasi dan login aplikasi simplegis.

Download codeigniter-ion-auth dan exstract terlebih dahulu, kemudian import file mysql ke dalam database yang kita gunakan untuk aplikasi simplegis. Secara default sistem akan menggunakan email : admin@admin.com dan password : password.

Apabila kita kita lihat hasil import file mysql tadi, terdapat 4 table yaitu :

  1. users
  2. groups
  3. users_groups
  4. login_attempts

Selanjutnya copy paste semua folder kecuali folder migrations, sql dan userguide ke dalam folder application di dalam aplikasi simple gis kita.

Setting codeigniter ion authnya sudah selesai, sekarang kita akan buat template dari halaman homepage yang kita buat sebelumnya pada saat membuat grafik menggunakan canvasJS.

Template-home

Pindahkan file homepage ke dalam folder views/home dan buat 3 buah file yaitu header-home.php, footer-home.php dan template-home.php di dalam folder templates.

1. header-home.php

2. footer-home.php

3. template-home.php

4. Edit file Home.php

Controller Login

Kemudian untuk sistem login buat controller Login.php dan file formlogin.php di folder views/home.

  1. Login.php

 

2. formlogin.php

Selanjutnya sesuaikan file routes.php menjadi berikut :

Setelah proses login berhasil dibuat, kemudian edit _construct() 4 file di dalam folder admin yaitu Jalan.php, Jembatan.php, Koordinatjalan.php dan Koordinatjembatan.php.

Jalan.php

Jembatan.php

Koordinatjalan.php

Koordinatjembatan.php

Terakhir edit navbar di header-admin.php seperti dibawah ini :

Selamat mencoba. 😀

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.