CRUD Web Service SOAP WSDL Menggunakan Nusoap

Sebelumnya sebagai catatan, aplikasi ini dibuat dan dijalankan dalam operating system linux (UBUNTU, Linuxmint, dan Elementary OS). Bagi teman-teman mungkin akan mendapati error untuk function readall (Return Array). Bagi temen2 yang bisa ngasih solusi, bisa ditulis di kolom komen, nanti akan saya update secepatnya. 😀

Berikut contoh web service menggunakan nusoap library. Dalam contoh ini kita menggunakan satu table bernama tbl_kategori, ceritanya kita mau bikin web service untuk aplikasi perpus. Sebelumnya kita download dulu nusoap library di nusoap.

web service

Setelah kita download library nusoapnya,kita buat dulu database dengan nama “perpus” dan table dengan nama “tbl_kategori” dengan struktur seperti ini :

Setalah kita buat buat database dan tablenya, kita buat folder di /var/www/ dengan nama “wsperpus”, setelah itu kita buat dua folder di dalam wsperpus yaitu “classDb” dan “lib”.  Kalo udah, kita exstract file nusoap yang udah didownload trus kita copy file nusoap.php ke dalam folder /wsperpus/lib. Setelah kita copy librarynya, kita buat file dengan nama Classkategori.php di dalam folder wsperpus/classDb.

Setelah kita buat file Classkategori.php kita buat juga file dengan nama Koneksi.php.

Setelah dua file di dalam folder classDb beres, sekarang kita tinggal bikin file di dalam folder wsperpus dengan nama wskategori.php.

Kalo masih kesulitan, download aja yang sudah jadi disini.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

20 thoughts on “CRUD Web Service SOAP WSDL Menggunakan Nusoap”

  1. gan ini mantep banget, tapi ane pake windows 7+ xampp, tapi ada issue nih di function readall seperti yang agan bilang di artikel ini. Sepertinya ada issue mengenai passing multidimensi array ya mas?

    1. Iya gan, kemarin ada yang comment di video yang ane posting di youtube. Katanya udah dia oprek ada mis di pemanggilan alamatnya dibagian ini.

      $ns = “http://”.$_SERVER[‘HTTP_HOST’].”/wsperpus/wskategori.php”; diubah menjadi

      $ns = “http://”.$_SERVER[‘HTTP_HOST’].”/wsperpus/wskategori.php?wsdl”; dan ada beberapa satu lagi bagian yang perlu diedit, tapi ane bener2 lupa gan. komennya udah keburu dihapus sama orangnya.

      1. Kalo ane sih ganti nya bukan di ns nya, tapi hapus bagian addcomplextype, terus di bagian register readall ane ganti juga gan
        aneg ganti jadi bgni gan : $return_readall = array(‘output’ => ‘xsd:Array’);

          1. iya gan, ganti jadi xsd:Array
            jadi jalan semua.
            makasih buat tutorialnya gan. semoga berkah.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.