Class Dalam Bahasa Pemrogaman Java

Di dalam dunia nyata kita sering menemukan beberapa object memiliki kesamaan dengan object yang lain. Sebagai contoh ada ribuan sepeda di dunia ini, semua memiliki kesamaan model dan cara pembuatan. Masing-masing sepeda dibuat dari “blueprint” yang sama dan beberapa terbuat dari komponen yang sama. Dalam konteks “object-oriented”, kita bisa mengatakan kalo sepeda kita adalah “instance” dari class object yang bernama sepeda atau “bicycle”. Jadi bisa dikatakan kalo “class” adalah “blueprint” dari “object” yang akan kita buat.

Sebagai contoh kita akan membuat sebuah class dengan nama “Bicycle”.

Contoh syntax dari bahasa pemrograman java diatas mungkin akan terlihat aneh bagi kita yang baru mempelajari bahasa pemrograman java. Padahal sebenarnya kalo kita perhatikan kode program diatas adalah contoh dari pembahasan mengenai object yang ktia bahas sebelumnya. “field”nya adalah “cadence”, “speed” dan “gear”. Dan “method”nya adalah “changeCadence”, “changeGear”,dan “speedUp” dll yang kita gunakan untuk interaksi dengan “dunia luar”.

Kalo kita perhatikan kembali class Bicycle diatas tidak memiliki “main” method. Itu dikarenakan class Bicycle bukan aplikasi komplit, Itu hanya “blueprint” yang akan kita gunakan di aplikasi kita nantinya.

Selanjutnya kita akan membuat class BicycleDemo yang terdiri dari dua object Bicycle secara terpisah dan mengaktifkan “method”nya.

Keluaran dari kode diatas setelah kita eksekusi adalah sebagai berikut :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.