Aplikasi GIS Geographic Information system berbasis web (codeigniter) – bagian III

Pada bagian ketiga ini akan kita akan membuat model untuk masing-masing table pada database simplegis.

model adalah “class” yang akan kita buat untuk transaksi dengan masing-masing table pada database. Pada database simplegis ada 5 table, yaitu table tbl_jembatan, tbl_jalan, tbl_koordinatjalan,tbl_koordinatjembatan, dan juga table tbl_user. Tapi kita hanya akan membuat 4 model saja untuk tabel tbl_jalan, tbl_jembatan, tbl_koordinatjalan, dan tbl_koordinatjembatan. Sedangkan tbl_user kedepannya akan kita ganti dengan tabel dari Ion auth library untuk sistem loginnya.

pertama kita akan membuat model untuk table user. prinsipnya adalah kita membuat untuk transaksi CRUD (CREATE, READ, UPDATE, DELETE). Scriptnya adalah sebagai berikut :

Sebelumnya, kita buat semua file model di folder /application/model.
Pertama-tama kita akan membuat model untuk table tbl_jalan,nama filenya kita kasih nama Model_jalan.php, jangan lupa nama file harus huruf besar.

selanjutnya adalah model untuk table tbl_jembatan, kita kasih nama Model_jembatan.php, Scriptnya adalah sebagai berikut :

Selanjutnya kita akan membuat model untuk table tbl_koordinatjalan, filenya kita kasih nama Model_koordinatjalan.php. Scriptnya adalah sebagai berikut :

Terakhir kita akan membuat model table tbl_koordinatjembatan, kita kasih nama Model_koordinatjembatan.php. Scriptnya adalah sebagai berikut :

Cukup sekian pada bagian ketiga ini, selanjutnya kita akan membahas tentang Controller. 😀

One thought on “Aplikasi GIS Geographic Information system berbasis web (codeigniter) – bagian III”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.