Aplikasi GIS Geographic Information System Berbasis Web (codeigniter) bagian II

Pada bagian pertama kemarin kita telah berhasil membuat skema table untuk aplikasi simpelgis. Selanjutnya adalah mendownload codeigniter versi stabil di https://codeigniter.com

Setelah selesai mendownload kita extract dan copy paste di folder server lokal. Untuk yang memakai xampp bisa di copy paste ke folder /htdocs dan yang memakai appserv bisa di copy paste ke folder /www dan folder yang telah di copas kita rename menjadi “simpelgis”.

struktur folder

Struktur foldernya.

Untuk mengetesnya kita coba buka dibrowser dengan mengetikkan alamat http://localhost/simpelgis.

Pastikan tampilan di browser kita seperti gambar berikut.

test simpelgis

Untuk menyingkat waktu kita pakai template dari getbootstrap.com saja.

Struktur aplikasi simpelgis sudah siap, file-file pendukung sudah berada di folder masing-masing. Sekarang kita bisa memulai pengerjaan aplikasinya. Pada codeigniter website kita menggunakan konsep MVC yaitu Model, Controller dan View. Secara singkat dapat di jabarkan sebagi berikut :

  • Model adalah representasi struktur data anda. Biasanya berisi fungsi yang membantu untuk CRUD (Create Read Update Delete).
  • Controller adalah penghubung antara view dengan model dan juga file pendukung lainnya untuk memproses HTTP request dan menampilkan halaman web.
  • View adalah informasi yang disajikan kepada user. View biasanya berisi halaman web, tapi di codeigniter view juga bisa berisi fragmen seperti header atau footer.

Skemanya kurang lebih seperti berikut ini :

appflowchart

sebagai contoh sekarang kita coba membuat satu file di folder “simpelgis/application/controller” dengan nama “home.php” dan satu file di folder “simpelgis/application/view” dengan nama “homepage.php”.

Sebagai editornya kita bisa memakai notepad++, dreamweaver atau juga sublimetext.

dan untuk file viewnya (homepage.php) kita sebagai berikut :

Setelah kita buat view homepage, selanjutnya kita set file routes.php supaya default controllernya menjadi Home.php. Untuk mengeditnya buka folder application/config/routes.php dan ubah menjadi seperti dibawah ini.

 

sekarang kita coba akses di browser kita dengan alamat http://localhost/simpelgis

Simple gis homepage
Simple gis homepage

Bersambung ke bagian ketiga.

One thought on “Aplikasi GIS Geographic Information System Berbasis Web (codeigniter) bagian II”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.